cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara
ISSN : -     EISSN : 26544326     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara merupakan terbitan berkala ilmiah sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang Manajemen yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Karya Ilmiah (LP2KI) STIE PGRI Dewantara Jombang, secara berkala 2 (dua) kali setahun setiap bulan Januari dan Juli dengan tujuan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang Manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)" : 5 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam Debby Arisandi; Mohamad Nugraha Reza Pradana
JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.605 KB) | DOI: 10.26533/jmd.v1i2.263

Abstract

Kota Batam merupakan kota industri yang kemudian beralih menjadi kota pariwisata. Kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD kota Batam untuk tahun 2015 sebesar 17,56%. Namun demikian, keterbatasan program promosi yang dilakukan menyebabkan masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui adanya objek-objek wisata pantai yang dikelola masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan manfaat penggunaan beberapa media sosial yang terdiri dari variabel Youtobe, Facebook, Instagram, Twitter terhadap Brand Awareness. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan melibatkan 384 orang responden yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui alatbantu kuisioner. Alat analisa menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial (youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter) berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Awareness dan sangat penting dalam meningkatkan kesadaran merek pariwisata berbasis swadaya masyarakat. Hasil Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan media sosial terbukti berpengaruh signifikan terhadap pemasaran obyek wisata di kota Batam.  Akan tetapi, hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal, terbukti  baru 3 dari 19 kawasan wisata yang sudah memanfaatkan media sosial untuk mendukung program promosinya. Karena itu, perlu dukungan dari berbagai pihak yang terkait untuk mendukung promosi obyek wisata di Kota Batam.
Pengaruh Daya Saing Destinasi Wisata Terhadap Implementasi Re-Visiting Commitmen Wisatawan Objek Wisata Di Kota Palembang Mutiara Lusiana Annisa; Ganda Hutasoit
JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.357 KB) | DOI: 10.26533/jmd.v1i2.176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya saing destinasi wisata terhadap implementasi re-visiting commitmen wisatawan/turis ke objek-objek wisata dikota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisa regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan lokal/domestik dan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata di Palembang. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 240 responden yang dipilih secara acak dan terbagi dalam 120 responden wisatawan lokal dan 120 wisatawan mancanegara. Hasil analisis untuk wisatawan lokal menunjukkan bahwa variabel: 1) Kebijakan, perencanaan, dan pengembang destinasi dan 2) Manajemen destinasi,  berpengaruh terhadap implementasi re-visiting commitmen wisatawan domestik. Sedangkan variabel: 1) Sumber dan daya tarik utama dan 2) Persyaratan dan penjelasan faktor penentu tidak berpengaruh terhadap re-visiting commitment wisatawan domestic pada objek-objek wisata di kota Palembang. Untuk hasil analisis wisatawan mancanegara menunjukkan bahwa variabel: 1)  Sumber dan daya tarik dan 2) manajemen destinasi, berpengaruh terhadap re-visiting commitment, sedangkan variabel: 1) Faktor dan sumber pendukung, 2) kebijakan, perencanaan dan pengembangan destinasi, 3)  persyaratan dan penjelasan faktor penentu, tidak berpengaruh terhadap re-visiting commitment. 
Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label Noverita Wirayanthy; Singgih Santoso
JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.913 KB) | DOI: 10.26533/jmd.v1i2.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari: 1) persepsi harga, 2) citra merk dan 3) kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Indomaret di Yogyakarta dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan Analisa regresi linear berganda, Uji  - T dan Uji – F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, tidak adanya  pengaruh positif citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta, serta terdapat pengaruh positif persepsi harga, citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk private label Indomaret di Yogyakarta.
Pengaruh Efektifitas Diri Dan Spesifik Internet Terhadap Tingkat Ansietas Pengguna Internet Ibnu Harris; Ahmad Fitriansyah
JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.877 KB) | DOI: 10.26533/jmd.v1i2.233

Abstract

Ansietas atau rasa tidak nyaman seorang pengguna internet bisa dirasakan dalam berbagai macam bentuk. Orang yang kurang percaya diri akan kemampuannya dalam menggunakan internet, tidak puas akan keahlian internet ataupun perasaan tidak nyaman dalam menggunakan internet dapat dikatakan memiliki efektivitas diri yang lemah. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif, yaitu membahas masalah berupa hubungan sebab akibat antara variabel independen (efektivitas diri dan spesifik internet) dengan variabel dependen (ansisetas pengguna internet). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang aktif pada tahun akademik 2016/2017 di Universitas Universal (UVERS). Adapun sampel yang diambil dan layak digunakan sebagai sumber data primer sebanyak 222 orang, dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Alat analisa menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji-T, dan Uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan Efektivitas diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan ansietas pengguna internet. Hal ini juga menunjukkan semakin tinggi tingkat efektivitas diri seorang pemakai internet, maka belum tentu menyebabkan perubahan tingkat ansietas pengguna internet. Akan tetapi factor spesifik internet, berpengaruh pada ansietas pengguna internet.
Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean Mohamad Trio Febriyantoro; Debby Arisandi
JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1 No 2 (2018): Juli (2018) - Desember (2018)
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.686 KB) | DOI: 10.26533/jmd.v1i2.175

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan dampak digital marketing terhadap volume penjualan bagi pelaku UMKdi kota Batam. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan menggunakan model triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM yang terdaftar aktif di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar – Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5